Cara Mengatasi Ponsel Android Lemot Dengan Mudah

Cara Mengatasi Android Lemot sebenarnya cukup mudah, namun ketika masalah ini terjadi mungkin Anda akan merasa tidak nyaman. Apalagi ketika dibutuhkan ponsel Android tiba-tiba saja lemot, entah itu pada saat menjalankan aplikasi atau sedang bermain game ini membuat semua urusan menjadi berantakan.

Android lemot biasanya terjadi dikarena terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan pada smartphone Android memberatkan kinerja memori RAM, sehingga membuat performa ponsel Android menurun. Jadi demi menghindari masalah ponsel Android lemot, Anda harus bijak dalam menginstal aplikasi dan tidak menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

cara mengatasi android lemot, mengatasi android lemot, android lemot, cara agar android tidak lemot

Buat Anda pengguna smartphone dan tablet Android yang sering mengalami masalah Android lemot, ada beberapa metode untuk mengatasinya. Namun sebelum membahas cara agar android tidak lemot, akan lebih bijak jika Anda mengetahui faktor dan penyebab smartphone dan tablet Android lemot. Karena akan sangat percuma jika kita tahu cara mengatasi android lemot tapi belum tahu faktor dan penyebabnya.

Penyebah HP Android Lemot

1. Terlalu Banyak Menginstal Aplikasi

Tentu saja, setiap aplikasi yang terinstal membutuhkan ruang dalam memori baik itu memori internal, eksternal maupun RAM. Jadi semakin banyak kita menginstal aplikasi maka ruang pada memori RAM akan habis atau penuh.

2. Terlalu Banyak Menjalankan Aplikasi

Setiap aplikasi membutuhkan resource RAM untuk menjalankan prosesnya, jadi jika kita banyak menjalankan aplikasi maka ruang pada memori RAM akan habis atau penuh.

3. Terlalu Banyak Menginstal Font

Install font atau format huruf yang biasa dipergunakan dalam olah data digital memang diperlukan terutama untuk keperluan olah grafis. Tetapi terlalu banyak mengoleksi font juga malah membuat smartphone Android kita menjadi lemot.

4. Antivirus Lebih Dari Satu

Kalian tahu tidak, antivirus terutama yang disertai dengan fitur ‘realtime protection’ merupakan aplikasi pengguna resource memori paling besar karena terus memantau aktivitas file-file yang berada pada smartphone Android. Artinya, memori kita tersita hanya dengan satu antivirus saja, apalagi kalau lebih dari satu.

Cara Mengatasi Android Lemot

  1. Uninstall aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan, hal ini dapat mengurangi resource RAM pada ponsel Anda dan otomatis akan mengurangi beban kerja RAM.
  2. Gunakan hanya aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Mengunduh banyak aplikasi akan memberatkan kinerja RAM ponsel Anda.
  3. Unduh aplikasi task manager, dengan task manager Anda dapat menghentikan multitasking aplikasi yang berjalan bersamaan dengan cepat, dan dapat mengurangi beban kerja RAM sehingga ponsel tidak lagi menjadi lemot.
  4. Boost secara berkala ponsel android Anda. Di beberapa produk android telah menyediakan booster yang dapat Anda sentuh untuk mengosongkan RAM dari beban aplikasi yang terpakai.
  5. Pindahkan beberapa aplikasi yang berada di memori internal ke memori eksternal Anda. Hal ini juga bentuk mengatasi kelebihan kapasitas memori internal Anda. Sehingga memori internal masih memiliki ruang yang lega untuk aplikasi sistem bawaan. (Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card)

Cukup demikian tips mengenai Cara Mengatasi Android Lemot dari kami, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih anda telah berkunjung di Android Court dan artikel dari kami selanjutnya.

error: Content is protected !!