Cara Kalibrasi Baterai HP Android Tanpa Root

Cara Kalibrasi Baterai Android merupakan metode untuk mengetahui apakah baterai pada hp Android dalam keadaan normal atau rusak. Pada dasarnya setiap ponsel Android dibekali dengan fitur Baterai Statistik, dimana fitur ini dapat mengetahui tingkat persentase baterai pada android kita saat ini. Namun terkadang fitur baterai statistik tersebut rusak dan mulai menampilkan data yang tidak nyata.

Jika anda mulai merasa bahwa kinerja baterai serta durasi hp android anda mulai menurun, mungkin ini sudah saatnya untuk melakukan cara kalibrasi baterai Android anda. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, dan kinerja smartphone Android tetap baik, maka dalam proses kalibrasi baterai hp Android anda perlu berhati-hati.

Sebenarnya untuk melakukan proses kalibrasi baterai pada android ini cukup sederhana, namun tidak semua orang mengetahui langkah-langkahnya. Maka dari itu pada kali ini kami akan membagikan tutorial dan Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root kepada anda.

cara kalibrasi baterai android, kalibrasi baterai hp android, baterai android error, cara menggunakan battery calibration, battery calibration apk,

Namun sebelum melakukan kalibrasi baterai pada HP Android, ada baiknya anda mengetahui terlebih dulu apa maksud dari proses kalibrasi yang akan dilakukan dan bagaimana cara mengenali baterai gadget yang mulai bermasalah. Berikut ciri-ciri baterai yang bermasalah diantaranya, yaitu:

  • Indikator pada baterai cepat habis padahal tidak digunakan.
  • Indikator pada baterai memiliki status naik turun, sudah 60% tiba-tiba dilihat 5 menit kemudian malah naik menjadi 65%.
  • Ketika dilakukan charge atau cas dengan charger indikator listrik keluar masuk.
  • Indikator baterai belum tersisa 1% namun hp sudah mati dan tidak bisa dinyalakan.

Untuk tutorial kalibrasi baterai Android yang akan kami bagikan ada dua cara, yang pertama secara manual, dan yang kedua menggunakan aplikasi yang bernama CurrentWidget: Battery Monitor. Langsung saja ikuti langakah-langkahnya dibawah ini dengan baik, jangan sampai ada yang terlewat.

Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Cara Kalibrasi Baterai Secara Manual

  1. Dalam keadaaan menyala, charge HP Android anda hingga penuh 100% dan jika sudah penuh matikan HP anda.
  2. Ketika dalam keadaan mati, charge lagi HP Android hingga penuh 100%.
  3. Setelah penuh, nyalain lagi HP anda, terus charge sekali lagi hingga penuh 100%.
  4. Sekarang gunakan HP Android anda untuk bermain game, browsing, chatting, atau apapun. Jangan di-charge, gunakan hingga mati sendiri karena kehabisan baterai.
  5. Jika baterai Android sudah habis, diamkan dulu kira-kira 10-15 menit.
  6. Kemudian charge HP Android anda dalam keadaan mati hingga penuh penuh 100%, jangan dinyalain dulu sebelum penuh.

Nah sekarang proses kalibrasi baterai Android secara manual sudah selesai, dan ulangi cara ini beberapa kali agar performa baterai hp Android anda lebih maksimal. Untuk menggunakan cara kalibrasi manual memang harus sabar dan disiplin, namun jika anda tidak mau ribet, coba cara kalibrasi baterai menggunakan aplikasi dibawah ini:

Cara Kalibrasi Baterai Menggunakan Aplikasi

  1. Download dan install CurrentWidget: Battery Monitor (Download DISINI)
  2. Pasang widget aplikasi tersebut ke homescreen HP Android anda.
  3. Charge HP Android anda hingga penuh, tunggu hingga angka pada widget menunjukkan angka optimal kapasitas baterai anda.
  4. Jika sudah selesai, cabut charger lalu restart HP Android anda.
  5. Baterai ponsel Andaroid anda sudah terkalibrasi, dan tidak bermasalah lagi.

Demikian tutorial dari kami mengenai Cara Kalibrasi Baterai HP Android Tanpa Root, dan semoga tutorial ini bermanfaat dan membantu anda. Terima kasih telah berkunjung di Android Court dan untuk menambah referensi baca juga tutorial berikut Cara Partisi SD Card Dengan Aparted.

error: Content is protected !!